Yayasan Pendidikan Kita (SANDIKTA) mengadakan Sholat Idul Adha pada 29 Juni 2023 yang dibuka untuk umum, di hari yang sama hewan kurban sejumlah 2 Ekor Sapi, dan 3 Ekor Kambing dari Peserta Didik dan Keluarga Besar SANDIKTA di sembelih yang mana setelahnya daging kurban tersebut di bagikan kepada masyarakan sekitar SANDIKTA melalui RT RT masing – Masing.

Idul Adha, juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban, adalah salah satu perayaan penting dalam agama Islam. Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah, bulan terakhir dalam kalender Islam. Perayaan ini menghormati kisah nabi Ibrahim (Abraham) yang siap untuk mengorbankan putranya sebagai bentuk penghormatan dan ketaatan kepada Allah. Namun, Allah menggantikan putra itu dengan seekor domba sebagai pengorbanan.

1. Makna dan Tujuan: Idul Adha memperingati kesetiaan nabi Ibrahim dan mengajarkan umat Muslim tentang pengorbanan, kesetiaan, dan ketaatan kepada Allah. Perayaan ini juga merupakan waktu untuk memperkuat ikatan keluarga dan komunitas serta berbagi dengan yang kurang beruntung.

2. Haji: Idul Adha merupakan bagian dari rangkaian ibadah haji, yaitu perjalanan religius ke Makkah yang dilakukan oleh umat Muslim setiap tahun. Haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan sekali seumur hidup bagi mereka yang memiliki kemampuan fisik, finansial, dan visa haji.

3. Penyembelihan Hewan Kurban: Salah satu aspek penting dari perayaan Idul Adha adalah penyembelihan hewan kurban. Umumnya, hewan yang dikurbankan adalah domba, meskipun sapi dan kambing juga bisa menjadi pilihan. Kurban dilakukan untuk mengikuti jejak nabi Ibrahim yang siap mengorbankan putranya. Hewan kurban yang disembelih harus memenuhi kriteria tertentu, seperti usia minimum, sehat, dan bebas dari cacat fisik.

4. Pembagian Daging Kurban: Setelah penyembelihan, daging kurban dibagi menjadi tiga bagian. Salah satunya untuk keluarga, yang kedua untuk tetangga dan teman, dan yang ketiga untuk orang-orang yang membutuhkan atau kurang mampu. Pembagian daging kurban ini dilakukan untuk memastikan bahwa semua orang dapat merasakan kebahagiaan Idul Adha dan mendapatkan bagian dari kurban tersebut.

5. Shalat Ied dan Khotbah: Pada pagi hari Idul Adha, umat Muslim berkumpul di masjid atau lapangan terbuka untuk melaksanakan shalat Idul Adha. Shalat ini terdiri dari dua rakaat dan diikuti dengan khotbah oleh imam. Khotbah ini biasanya berisi pesan-pesan tentang pentingnya pengorbanan, kesetiaan, dan ketaatan kepada Allah.

Idul Adha merupakan momen yang penuh makna bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selain pelaksanaan ibadah, perayaan ini juga menjadi waktu bagi umat Muslim untuk merayakan persaudaraan, berbagi dengan sesama, dan menghormati nilai-nilai keagamaan yang diajarkan dalam Islam.

Kategori: Berita